Sebuah keluarga akan sehat dan kuat jika ayah punya peran besar didalamnya. Secara prinsip, peran dan tanggung jawab ayah dalam keluarga TIDAK bisa tergantikan. Ayah adalah sebagai pemimpin keluarga, teladan, guru, pelatih, mentor dll harus hadir dalam jiwa istri dan anak anaknya.

Maka penting bagi para ayah unt memiliki konsep tentang keluarga dan gambaran yg jelas ttg peran dan tanggung jawabnya dalam keluarga. Ini penting agar istri dan anak-anaknya mampu menjalankan sistem yg ada didalam keluarga dg baik.

Seorang suami yang menjalani hidup sekedar secara praktis dan pragmatis, hidupnya fokus di kerja, dihobi dan kesenangan diluar keluarganya, shg sering meninggalkan keluarganya…. maka yang dia butuhkan adalah ilmu tentang hidup. Dia membutuhkan pencerahan, membutuhkan ILMU tentang Allah dan apa tujuan Allah menghadirkan kita ke dunia, memberikan kita keluarga, dan menghadapkan kita dengan berbagai tantangan kehidupan, dan satu-satunya jalan adalah dengan menjadi seorang MUSLIM yang lebih baik.

Saat itu semua sdh didapatkan berupa kebutuhan ilmu ttg hidup, kebijaksanaan dan nasehat dari orang orang berilmu, maka seorang suami akan mampu menjalani kehidupannya dg utuh. Dia akan siap unt berperan dg memberikan arahan dan pendidikan bagi anak istrinya. Dia akan mulai peduli dan memahami perasaan dan kehidupan istri dan anak-anaknya, akan mencari tahu dan memahami apa saja yg dihadapi oleh istri dan anak-anaknya…

Insya Allah dengan begitu para suami/ayah akan mampu berperan sebagai pemandu, pendengar, dan pendamping istri dan anak-anaknya dalam menjalani kehidupan meraka.