SEKOLAH bagaikan TAMAN

Sekolah yang sejati adalah ibarat sebuah taman. Karena tempat belajar yang paling nyaman bagi anak adalah taman. Di taman anak dapat bermain dan belajar banyak hal yang dia lihat, dia dengar, dan yang dia sentuh.

Setidaknya ada 3 ciri sekolah yang berfungsi sebagai taman, yaitu:

  1. Bebas

Di sekolah anak memiliki kebebasan untuk mengaktualisasipotensi dirinya (karakter bakatnya), yang mana merupakan fitrah bagi dirinya. Setiap anak memiliki fitrah unik yang berbeda dengan anak yang lain. Pendidik tidak bisa memaksa atau mendikte, tapi hanya bisa mendampingi untuk menumbuhkan kodrat fitrah tersebut.

  1. Senang

Jika yang dipelajari anak sesuai potensi dirinya (karakter bakatnya) dan sesuai karakter perkembangannya, maka tanpa disuruh, anak akan belajar dengan sendirinya dan dengan senang hati melakukannya. Sehingga anak di sekolah bukan terpaksa belajar tapi gemar belajar, dan sekolah menjadi tempat yang menyenangkan baginya seperti berada disebuah taman yang indah.

  • Tertib

Meskipun terdapat kebebasan belajar, tetapi bukan berarti bebas sesuka hati tanpa aturan. Anak dibimbing untuk berlaku tertib sesuai aturan, dengan menumbuhkan karakter imannya. Bukan tertib karena terpaksa, tetapi tertib karena kesadaran sendiri. Anak akan berusaha untuk tertib, karena dengan tertib itulah dia akan bisa bersenang-senang.

Penulis: Ustadz Abdul Kholiq

 

.